Digital Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

 

Saat ini perkembangan dunia bisnis di Indonesia sudah semakin pesat saja. Apalagi saat ini banyak pengangguran di Indonesia sehingga membuat para remaja yang baru selesai mengenyam pendidikan mulai untuk membangun sebuah bisnis baru. Pembangunan bisnis ini juga dapat di bilang bisa di gunakan untuk mengatasi masalah pengangguran yang ada di Indonesia.

Sebab dengan adanya perusahaan bisnis baru maka lowongan pekerjaan juga bertambah banyak tentunya. Namun karena pertumbuhan pengusaha baru semakin banyak dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dan persaingan bisnis pun semakin ketat di antara para pengusaha untuk membuat perusahaan bisa lebih bagus dan lebih di lirik oleh para customer.

Persaingan bisnis yang semakin ketat ini lah menjadikan para pengusaha untuk lebih berusaha menciptakan sebuah hal baru agar perusahaan yang ia miliki bisa berkembang dengan sangat pesat sehingga kesuksesan pun di dapatkan. Salah satu cara untuk membuat bisnis Anda bisa menanjak dengan lebih cepat meskipun termasuk ke dalam jenis bisnis baru adalah dengan menggunakan teknik marketing yang tepat.

Digital Marketing Sebagai Media Untuk Promosi

Teknik marketing tersebut seperti penggunaan digital marketing sebagai media untuk promosi barang atau jasa yang Anda jual. Mengapa harus digital marketing? Sebab media promosi satu ini bisa di bilang sangat cepat memberikan hasil yang nyata untuk bisnis Anda dan memiliki biaya promosi yang sangat minim.

Bahkan digital marketing memiliki biaya promosi yang paling murah di antara media promosi yang lainnya. Namun meskipun memiliki biaya dengan harga terjangkau tapi kualitas yang di miliki oleh digital marketing tidak bisa di ragukan. Sebab hasil yang akan Anda dapatkan bisa di bilang lebih banyak dan juga lebih cepat di bandingkan dengan jenis promosi yang lain.

Ini di karenakan digital marketing menggunakan internet sebagai media promosi. Seperti yang Anda ketahui jika pengguna internet sudah ada di seluruh belahan dunia sehingga hanya sekali iklan saja maka akan banyak orang yang mengenal tentang perusahaan yang Anda miliki.

Pengertian Digital Marketing Menurut Beberapa Ahli

Bahkan Anda bisa menentukan berapa banyak customer yang ingin Anda jangkau melalui iklan tersebut. Dengan menentukan target customer yang akan di jangkau ini maka jumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh juga sudah bisa di perhitungkan bukan?

Saat ini memang penggunaan digital marketing adalah media untuk promosi sangat lah marak dan sudah di gunakan oleh banyak pengusaha di seluruh dunia. Karena hal ini lah banyak para ahli yang menaruh perhatian lebih pada digital marketing yang saat ini sedang santer di gunakan. Adapun beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari digital marketing adalah sebagai berikut ini.

Pendapat Kleindl & Burrow tahun 2005

Pendapat pengertian digital markering yang pertama muncul dari Kleindl & Burrow pada tahun 2005. Dimana menurut mereka digital marketing adalah sebuah proses perencanaan dan juga aplikasi yang berdasarkan oleh hasil pemikiran atau wangsit dari sebuah konsep, harga, kenaikan pangkat dan juga distribusi. Menurut Kleindl & Burrow sebuah marketing bisa di artikan menjadi lebih sederhana sebagai pembangunan dan pemeliharaan sebuah interaksi yang sama-sama saling menguntungkan dan mendatangkan rasa kepuasan antara perusahaan dengan konsumen. Sehingga dalam interaksi ini tidak ada sama sekali pihak yang di rugikan karena kerja sama yang sedang berlangsung pada proses jual beli tadi.

Pendapat Heidrick & Struggless tahun 2009

Sedangkan Heidrik & Struggless memiliki mendapat bahwa digital marketing adalah sebuah pekembangan cara promosi melalui web, telepon genggam atau handphone, dan juga beberapa perangkat games. Dimana perkembangan ini lah yang kemudian memberikan akses baru pada dunia periklanan yang tidak perlu di gembor-gemborkan atau di teriakan dengan cara yang keras namun tetap memiliki pengaruh yang sangat besar di dalam dunia periklanan.

Dan Heidrick serta Struggels mulai bertanya mengapa para pengusaha tidak mulai mengalihkan cara berpromosi mereka dari penggunaan media cetak dan tv menjadi promosi melalui media teknologi kekinian yang sangat canggih berupa digital marketing.

Pendapat Urban tahun 2004

Urban menyatakan jika digital marketing merupakan jenis media promosi yang menggunakan internet dan juga teknologi paling baru. Dimana penggunaan teknologi terkini dan juga internet ini memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan promosi dan juga meningkatkan keefektivitasan sebuah digital marketing untuk mempromosikan produk barang dan jasa yang di miliki oleh setiap pengusaha. Selain itu beberapa istilah baru muncul di dalam dunia marketing atau pemasaran dan istilah baru ini berasal dari digital marketing. Adapun beberapa istilah baru yang di adaptasi dari digital marketing adalah one to one marketing, e marketing, dan juga interactive marketing.

Pendapat Coviello, Milley dan Marcolin tahun 2001

Caviello, Milley, dan Marcolin juga menyatakan pendapatnya tentang pengertian dari digital marketing yang sebenarnya. Menurut mereka digital marketing adalah sebuah perpaduan antara teknologi terbaru dengan internet. Dimana perpaduan atau penggabungan keduanya menghasilkan sebuah tempat yang berfungsi untuk tempat berinteraksi antara penjual dengan pembeli atau antara perusahaan dengan customer.

Dari interaksi ini lah kemudian muncul hubungan atau aktivitas yang saling menguntungkan antara keduanya. Contohnya jika perusahaan Anda menggunakan digital marketing untuk promosi kemudian ada customer yang tertarik dan menggunakan jasa atau membeli produk Anda maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut. Sedangkan bagi customer mendapatkan keuntungan karena bisa lebih mudah mendapatkan apa yang ia mau.

Pendapat Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan tahun 2009

Sedangkan pendapat terakhir mengenai pengertian digital marketing berasal dari para ahli yang ada di dalam negeri. Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan digital marketing adalah sebuah media promosi masa kini yang tidak hanya menggunakan internet sebagai media promosinya namun lebih dari itu.

Dimana di dalam digital marketing mencakup beberapa cara promosi dan bahkan bisa melibatkan branding di dalamnya. Namun media paling banyak yang di gunakan oleh digital marketing adalah berbasis web seperti adwords, email, web site, blog, dan juga media sosial.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Dari beberapa pendapat para ahli di atas mengenai digital marketing maka bisa di tarik kesimpulan jika digital marketing adalah sebuah cara promosi terbaru yang tidak hanya menggunakan internet untuk mendukung proses promosi suatu perusahaan ataupun perorangan namun juga di dukung oleh peralatan yang tidak kalah canggihnya.

Dimana dari digital marketing ini kemudian timbul keadaan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan customer. Dimana perusahaan mendapatkan keuntungan berupa uang dan customer mendapatkan keuntungan berbentuk kepuasaan. Tetapi Strategi Digital Marketing tidak hanya berhenti di situ saja karena masih ada banyak sekali manfaatnya untuk bisnis seperti yang ada di bawah ini.

Membantu Anda Untuk Mempersiapkan Diri Akan Bisnis Di Masa Depan

Jika saat ini saja perkembangan di dalam dunia bisnis sudah sangat pesat dan semakin canggih karena mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi yang juga tidak kalah canggih. Namun Anda berfikir apa yang akan terjadi masa depan? Tentu saja masa depan yang masih akan datang menjadikan dunia bisnis semakin canggih lagi. Sebab bisnis akan terus memperbaharui sistem kerjanya untuk mengimbangi teknologi yang sudah ada.

Untuk mempersiapkan perusahaan Anda agar tidak kalah bersaing di masa mendatang maka Anda bisa menggunakan digital marketing mulai sekarang. Sebab media promosi satu ini akan membantu perusahaan Anda agar lebih siap untuk menghadapi perkembangan bisnis yang ada.

Sebagai Pendukung Perusahaan Ketika Sedang Bersaing Dalam Bisnis

Bertambahnya pengusaha yang menciptakan bisnis baru membuat persaingan di dalam bisnis juga semakin banyak. Dimana persaingan ini bisa sangat berdampak untuk perusahaan yang Anda miliki. Sebab dengan adanya persaingan ini maka Anda di tuntut untuk selalu memperbaharui setiap fasilitas yang Anda berikan pada customer. Selain itu kinerja Aanda juga harus selalu di pastikan tetap baik dan bahkan bertambah baik. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang pasti terjadi ini maka Aanda bisa menggunakan digital marketing agar perusahaan Anda tetap up to date.

Membantu Perusahaan Agar Tetap Pada Posisi Teratas

Peringkat perusahaan di dalam dunia bisnis adalah sesuatu yang harus Anda pertahankan. Sebab jika posisi perusahaan menurun dalam peringkat maka jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan juga mengalami penurunan. Ada banyak sekali cara untuk tetap mempertahankan perusahaan Anda di dalam posisi teratas.

Salah satu cara untuk tetap memastikan perusahaan Anda tetap di posisi teratas adalah dengan meningkatkan kinerja perusahaan dan juga menggunakan media promosi yang sesuai seperti digital marketing. Sebab digital marketing terus berkembang dan terus menciptakan inovasi terbaru sehingga perusahaan Anda tetap berada posisi teratas.

Membuat Perusahaan Mendapatkan Keuntungan Yang Lebih Tinggi

Keuntungan atau laba yang di dapatkan sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting. Sebab tinggi atau rendahnya laba yang di dapatkan perusahaan Anda juga menunjukan bahwa perusahaan Anda memang memiliki kinerja yang baik. Karena laba di dapat dari pembelian produk oleh para customer ataupun penggunaan sebuah jasa oleh para customer.

Dimana jika perusahaan Anda memiliki reputasi yang baik maka pelanggan yang datang ke perusahaan Anda juga semakin banyak. Untuk meningkatkan jumlah pendapatan yang ada di perusahaan Anda bisa menggunakan media promosi digital marketing. Karena digital marketing akan memberikan Anda keuntungan yang jauh lebih banyak di bandingkan dengan media promosi yang lainnya.

Modal Yang Anda Keluarkan Lebih Terjangkau

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan digital marketing sebagai media promosi Anda adalah modal yang Anda keluarkan akan lebih terjangkau.

Sebab harga iklan untuk digital marketing sangatlah rendah dan bisa di bilang paling murah di bandingkan dengan media promosi yang lainnya. Ini artinya untuk membuat iklan atau promosi untuk perusahaan Anda maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal seperti media promosi yang lainnya. Sehingga Anda bisa menggunakan modal Anda untuk membangun perusahaan Anda dalam bidang yang lain.

Aset Penting Dalam Digital Marketing

Tidak hanya manfaat dan tipe yang beraneka ragam, digital marketing juga memiliki beberapa aset penting yang tidak bisa di abaikan begitu saja. Sebab dari aset penting ini lah perusahaan Anda nantinya akan berkembang sesuai dengan harapan Anda. Adapun beberapa aset penting yang di miliki oleh Jenis-Jenis Digital Marketing adalah:

Website

Website menjadi aset penting pertama yang ada di dalam digital marketing. Mengapa demikian? Sebab website lah yang akan menjadi tempat iklan Anda di tayangkan. Tanpa adanya website maka iklan Anda tidak akan di kenal oleh banyak orang. Inilah mengapa Anda harus memilih website yang memiliki traffic pengunjung yang tinggi.

Sebab jika pengunjung di dalam website tersebut tinggi maka perusahaan Anda akan semakin terkenal. Apalagi jika iklan yang Anda buat sangat kreatif maka akan banyak sekali customer baru yang akan mengklik iklan dari perusahaan yang tayang pada website tersebut.

Postingan di Dalam Website

Selain website, postingan yang Anda buat di dalam website tersebut juga sangat penting. Memang sebuah perusahaan haruslah memiliki website yang tidak hanya berfungsi untuk menempatkan beberapa iklan perusahaan namun website juga berperan sebagai tanda bahwa perusahaan Anda sangatlah profesional.

Untuk menambah daya tarik dari website Anda sehingga banyak orang yang akan berdatangan ke website tersebut maka Anda harus membuat postingan di dalam website semenarik mungkin. Karena postingan yang Anda buatlah yang akan menentukan tinggi atau rendahnya jumlah pengunjung di website Anda. Semakin tinggi jumlah kunjungan pengunjung website maka akan semakin besar kemungkinan untuk bisnis Anda berkembang.

Akun Sosial Media

Seperti yang kita ketahui jika saat ini tidak hanya platform online seperti website saja yang memegang peranan digital marketing yang sangat tinggi. Namun keberadaan akun sosial media juga tidak bisa di abaikan begitu saja. Sebab banyak sekali pengusaha baru yang mulai memanfaatkan keberadaan akun sosial media untuk membuat sebuah iklan di dalamnya.

Dimana iklan di sosial media membuktikan hasil yang sangat baik dan bahkan bisa di bilang sangat menguntungkan. Sebab pengguna sosial media yang tidak bisa di bilang sedikit untuk saat ini. Bahkan saat ini media sosial sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat sehingga akun media sosial termasuk ke dalam aset berharga di digital marketing.

Branding

Apakah Anda tahu branding? Branding adalah sebuah sebutan ada istilah yang ada di dalam bisnis. Dimana branding ini memiliki arti sebagai nama produk maupun logo yang ada di dalam produk tersebut. Semakin menarik nama dan juga logo yang perusahaan Anda miliki maka akan semakin tinggi tingkat kemungkinan ada customer baru yang menggunakan perusahaan Anda. Di dalam digital marketing branding merupakan salah satu aset berharga sebab branding menjadi ciri khas dari setiap perusahaan.

Feed Back Dari Para Customer

Dan aset penting di dalam digital marketing yang terakhir adalah feed back yang berasal dari para customer. Mengapa feed back di anggap penting? Sebab dari feed back ini lah citra perusahaan Anda di bangun. Jika feed back positif maka citra perusahaan akan baik namun jika feed back negatif maka citra perusahaan juga akan berubah menjadi buruk.

Nah, itu tadi beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seputar Pengertian Digital Marketing dan Manfaatnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama